Jumat, 30 Oktober 2015

Kewirausahaan #

Konsep pemasaran usaha kecil dan menengah bagi seorang wirausahawan
Pemasaran adalah sistem keseluruhan dan kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, serta mendistribusi kan barang dapat memuaskan kebutuhan pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Konsep pemasaran adalah konsepsi produsen yang berpandangan bahwa untuk menguasai pasar harus dapat nienyediakan produk sesuai dengan kebutuhan, keinginan, serta memuaskan konsumen. Kegiatan penjualan hanya berlangsung ketika telah produksi dalam konsep pemasaran, kegiatan pemasaran berlangsung mulai dari sebelum produk dibuat sampai dengan produk telah sampai ke tangan konsumen.
Asumsi yang digunakan dalam konsep pemasaran, yaitu:
a.    Konsumen dapat dibedakan dan dikelompokkan ke dalam pasar/segmen yang berbeda, tergantung pada kebutuhan dan keinginan perusahaan.
b.    Konsumen hanya akan memilih penawaran yang dapat memuaskan kebutuhan dan keinginannya.
c.    Tugas perusahaan adalah meneliti dan menentukan pasar yang menjadi sasaran, serta mengembangkan penawaran melalui program pemasaran yang efektif untuk menarik minat dan mempertahankan langganan.
Ada lima konsep yang berkembang yaitu Konsep Produksi (Produc­tion Concept), Konsep Produk (Product Concept), Konsep Penjualan (Selling Concept), Konsep Pemasaran (Marketing Concept), Konsep Sosial (Societal Concept).

Strategi Pemasaran (Marketing Strategy)
a.    Product, yaitu barang dan/atau jasa yang ditawarkan perusahaan, antara lain meliputi fitur (feature) dan kegunaan (benefit), yang ditawarkan sebagai pemenuhan kebutuhan konsumen.
b.    Price, yaitu harga produk yang ditawarkan (pricing strategy) dan kebijakan atau sistem pembayarannya (payment policies).
c.    Promotion, yaitu alat/media promosi yang akan digunakan pemasar atau taltik yang akan diterapkan dalam merealisasikan rencana promosi (promotion plan) dalam rangka mewujudkan tujuan pemasaran perusahaan.
d.   Place, yaitu pendistribusian produk mengenai bagaimana dan di mana perusahaan akan menempatkan (mendistribusikan) produk sehingga pelanggan mudah mendapatkannya.
Salah satu contoh konsep pemasaran yaitu berikut beberapa strategi pemasaran KFC :
• Kesempurnaan resep masakan
• Fasilitas yang lengkap
• Pemilihan Lokasi
• Strategi harga
• Partnership dengan perusahaan lainnya
Selain itu dalam hal promosi ini KFC memberikan hadiah kepada konsumen dengan beberapa CD music yang telah di buat dari kerjasama tersebut. Inilah mengapa sampai saat ini KFC tetap selalu terdepan dalam segi apapun. Kfc juga memanfaatkan media televisi, radio untuk mempromosikan produk mereka dengan cara memasang iklan.
Tentu dengan dilakukannya strategi pemasaran tersebut sangat berdampak positif terhadap perusahaan KFC diantaranya, semakin banyaknya konsumen yang membeli,semakin setianya konsumen-konsumen yang sebelumnya sudah percaya akan cita rasa produk kfc dan tentunya hal itu membuat omset KFC pun meningkat,sehingga hingga saat ini masih banyak orang yang mengandalkan menu kfc sebagai menu makan mereka saat di luar rumah ataupun untuk makan di rumah melalui pesan antar kfc. Oleh karenanya, perusahaan KFC pun hingga kini masih terus bertahan dalam persaingan restoran-restoran makanan cepat saji.

Daftar Pustaka :

http://makalahku25.blogspot.co.id/2013/05/makalah-melakukan-pemasaran-barang-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar