Konsep pemasaran usaha kecil dan menengah bagi seorang wirausahawan
Pemasaran
adalah sistem keseluruhan dan kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan,
menentukan harga, mempromosikan, serta mendistribusi kan barang dapat memuaskan
kebutuhan pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Konsep
pemasaran adalah konsepsi produsen yang berpandangan bahwa untuk menguasai
pasar harus dapat nienyediakan produk sesuai dengan kebutuhan, keinginan, serta
memuaskan konsumen. Kegiatan penjualan hanya berlangsung ketika telah produksi
dalam konsep pemasaran, kegiatan pemasaran berlangsung mulai dari sebelum
produk dibuat sampai dengan produk telah sampai ke tangan konsumen.
Asumsi yang
digunakan dalam konsep pemasaran, yaitu:
a. Konsumen
dapat dibedakan dan dikelompokkan ke dalam pasar/segmen yang berbeda,
tergantung pada kebutuhan dan keinginan perusahaan.
b. Konsumen
hanya akan memilih penawaran yang dapat memuaskan kebutuhan dan keinginannya.
c. Tugas
perusahaan adalah meneliti dan menentukan pasar yang menjadi sasaran, serta
mengembangkan penawaran melalui program pemasaran yang efektif untuk menarik
minat dan mempertahankan langganan.
Ada
lima konsep yang berkembang yaitu Konsep Produksi (Production Concept), Konsep
Produk (Product Concept), Konsep Penjualan (Selling Concept), Konsep Pemasaran
(Marketing Concept), Konsep Sosial (Societal Concept).
Strategi
Pemasaran (Marketing Strategy)
a. Product,
yaitu barang dan/atau jasa yang ditawarkan perusahaan, antara lain meliputi
fitur (feature) dan kegunaan (benefit), yang ditawarkan sebagai pemenuhan
kebutuhan konsumen.
b. Price,
yaitu harga produk yang ditawarkan (pricing strategy) dan kebijakan atau sistem
pembayarannya (payment policies).
c. Promotion,
yaitu alat/media promosi yang akan digunakan pemasar atau taltik yang akan
diterapkan dalam merealisasikan rencana promosi (promotion plan) dalam rangka
mewujudkan tujuan pemasaran perusahaan.
d. Place,
yaitu pendistribusian produk mengenai bagaimana dan di mana perusahaan akan
menempatkan (mendistribusikan) produk sehingga pelanggan mudah mendapatkannya.
Salah satu contoh konsep pemasaran yaitu berikut beberapa
strategi pemasaran KFC :
• Kesempurnaan resep masakan
• Fasilitas yang lengkap
• Pemilihan Lokasi
• Strategi harga
• Partnership dengan perusahaan lainnya
Selain itu dalam hal promosi ini KFC memberikan hadiah
kepada konsumen dengan beberapa CD music yang telah di buat dari kerjasama
tersebut. Inilah mengapa sampai saat ini KFC tetap selalu terdepan dalam segi
apapun. Kfc juga memanfaatkan media televisi, radio untuk mempromosikan produk
mereka dengan cara memasang iklan.
Tentu dengan dilakukannya strategi pemasaran tersebut
sangat berdampak positif terhadap perusahaan KFC diantaranya, semakin banyaknya
konsumen yang membeli,semakin setianya konsumen-konsumen yang sebelumnya sudah
percaya akan cita rasa produk kfc dan tentunya hal itu membuat omset KFC pun
meningkat,sehingga hingga saat ini masih banyak orang yang mengandalkan menu
kfc sebagai menu makan mereka saat di luar rumah ataupun untuk makan di rumah
melalui pesan antar kfc. Oleh karenanya, perusahaan KFC pun hingga kini masih
terus bertahan dalam persaingan restoran-restoran makanan cepat saji.
Daftar Pustaka :
http://makalahku25.blogspot.co.id/2013/05/makalah-melakukan-pemasaran-barang-dan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar