Jumat, 16 Oktober 2015

PEMBERIAN KOMPENSASI

PEMBERIAN KOMPENSASI


Kelompok 10
2DF02
Disusun Oleh :
DINA APRILIANTI                 53214131
INDRI WIDIA ASTUTI           55214325
RISKA EKA CAHYANTI       59214490




UNIVERSITAS GUNADARMA

PTA 2015/2016


BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
            Suatu departemen personalia meningkatkan prestasi kerja, moyit=vasi dan kepuasan kerja karyawan adalah melalui kompensasi. Kompensasi adalah segala seuatu yang diterima para karyawan sebagai balas jasa untuk kerja mereka. Masalah kompensasi mungkin merupakan fungsi manajemen personalia yang paling sulit dan membingungkan. Tidak hanya karena pemberian kompensasi merupakan salah satu tugas yang paling kompleks, tetapi juga salah satu aspek yang paling berarti baik bagi karyawan maupun organisasi. Meskipun kompensasi harus mempunyai dasar logika, rasional dan dapet dipertahankan, hal ini menyangkut banyak faktor emosional dari sudut pandangan karyawan.
            Program – program kompensasi juga penting bagi perusahaan, karena mencerminkan upaya organisasi untuk mempertahankan sumber daya manusia. Di samping itu, kompensasi (dalam bentuk pengupahan dan blas jasa lainnya) sering merupakan komponen – komponen biaya paling besar dan penting. Bila pengupahan penggajian tidak diadministrasikan secara tepat, perusahaan bisa kehilangan para karyawannya yang baik dan harus mengelurakan biaya untuk menaarik, menyeleksi, melatih dan mengembangkan pennggantinya. Bahkan bila karyawan tidak ke luar, mereka mungkin menjadi tidak puas terhadap perusahaan dan menurunkan produktivitas mereka. Kerena kompensasi mempengaruhi organisasi dan para karyawan.

1.2    Rumusan Masalah
Dalam makalah ini, akan dipaparkan tentang masalah – masalah yang timbul dalam Kompensasi. Oleh karena itu, masalah pada makalah ini adalah :
1.      Pengertian dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kompensasi
2.      Fungsi dan Tujuan Pemberian Kompensasi
3.      Asas Kompensasi
4.      Perhitungan Besarnya Upah dan Gaji
5.      Keadilan dan Kelayakan dalam Pemberian Kompensasi
6.      Faktor-faktor yang mempengaruhi Kompensasi
7.      Tantangan yang Dihadapi Dalam Menetapkan Kompensasi
8.      Evaluasi Jabatan
9.      Pengupahan Insentif
10.  Kompensasi Pelengkap
11.  Keamanan dan Kesehatan Karyawan

1.3    Tujuan Penulisan
Dapat memahami materi-materi mengenai bagaimana tentang kompensasi (upah atau gaji) dalam makalah ini dan dapat diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari mengenai kompensai dan lainnya.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Pengertian dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kompensasi
Kompensasi merupakan hal yang kompleks dan sulit, karena didalamnya melibatkan dasar kelayakan, logika, rasional, dan dapat dipertanggung jawabkan serta menyangkut faktor emosional dari aspek tenaga kerja. Kompensasi diberikan dengan tujuan memberikan rangsangan dan motivasi kepada tenaga kerja untuk meningkatkan prestasi kerja, serta efisiensi dan efektivitas produksi. Kepuasan kerja karyawan terletak pada salah satu faktor, yaitu kompensasi yang merupakan segala sesuatu yang diterima tenaga kerja sebagai imbalan atas pekerjaan yang telah mereka lakukan.
Kompensasi bisa dirancang secara benar untuk mencapai keberhasilan bersama sehingga karyawan merasa puas dengan jerih payah mereka dan termotivasi untuk mencapai tujuan dan sasaran bersama manajeman. Tingkat kompensasi akan menentukan skala kehidupan ekonomi karyawan, sedangkan kompensasi relatif menunjukkan status dan harga karyawan. Dengan demikian, apabila karyawan memandang bahwa bila kompensasi tidak memamadai maka produktivitas, prestasi kerja, dan kepuasan kerja karyawan akan turun.
Pemberian kompensasi oleh perusahaan kepada karyawannya, dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Faktor-faktor ini merupakan tantangan bagi setiap perusahaan untuk menentukan kebijakan pemberian kompensasi bagi para karyawannya.
Faktor-faktor tersebut antara lain sebagai berikut:
1.    Produktifitas
2.    Kemampuan untuk Membayar
3.    Kesediaan untuk Membayar
4.    Suplai dan Permintaan Tenaga Kerja
5.    Serikat Pekerja
6.    Undang-undang dan Peraturan yang Berlaku.

2.2  Fungsi dan Tujuan Pemberian Kompensasi
Dari pengertian diatas terlihat bahwa kompensasi merupakan alat pengikat perusahaan terhadap karyawannya, faktor penarik bagi calon karyawan dan faktor pendorong seseorang menjadi karyawan. Dengan demikian kompensasi mempunyai fungsi yang cukup penting di dalam memperlancar jalannya roda organisasi/ perusahaan. Menurut Martoyo (1994), fungsi kompensasi adalah  :
1. Penggunaan SDM secara lebih efisien dan lebih efektif
Kompensasi yang tinggi pada seorang karyawan mempunyai implikasi bahwa organisasi memperoleh keuntungan dan manfaat maksimal dari karyawan yang bersangkutan karena besarnya kompensasi sangat ditentukan oleh tinggi/rendahnya produktivitas kerja karyawan yang bersangkutan. Semakin banyak pegawai yang diberi kompensasi yang tinggi berarti semakin banyak karyawannya yang berprestasi tinggi. Banyaknya karyawan yang berprestasi tinggi akan mengurangi pengeluaran biaya untuk kerja-kerja yang tidak perlu (yang diakibatkan oleh kurang efisien dan efektifitasnya kerja). Dengan demikian pemberian kompensasi dapat menjadikan penggunaan SDM secara lebih efisien dan lebih efektif.
2. Mendorong stabilitas dan pertumbuhan ekonomi
Sistem pemberian kompensasi yang baik secara langsung dapat membantu stabilitas organisasi dan secara tidak langsung ikut andil dalam mendorong stabilitas dan pertumbuhan ekonomi. Sebaliknya pemberian kompensasi yang kurang baik dapat menyebabkan gejolak di kalangan karyawan akibat ketidakpuasan. Pada gilirannya gejolak ketidakpuasan ini akan menimbulkan kerawanan ekonomi.

Sebagai bagian dari manajemen SDM, pemberian kompensasi bertujuan untuk :
1.    Mendapatan karayawan yang berkualitas
Organisasi saling bersaing di pasar tenaga kerja untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas dan memenuhi standar yang diminta organisai. Oleh karena itu, untuk menarik calon karyawan masuk dalam organisasi, organisasi harus merangsang calon-calon pelamar dengan tingkat kompensasi yang cukup kompetitif tingkat kompensasi organisasi lain.
2.    Mempertahankan karyawan yang ada
Dengan adanya kompensasi yang kompetitif, organisasi dapat mempertahankan karyawan yang potensial dan berualitas untu tetap bekerja. Hal ini untuk mencegah tingkat perputaran kerja karyawan yang tinggi dan asus pembajakan karyawan oleh organisasi lain dengan iming-iming gaji yang tinggi.
3.    Adanya keadilan
Adannya administrasi kompensasi menjamin terpenuhinya rasa keadilan pada hubungan antara manajemen dan karyawan. Dengan pengikatan pekerjaan, sebagai balas jasa organisasi atas apa yang sudah diabdikan karyawan pada organisasi, maka keadilan dalam pemberian kompensasi mutlak diertimbangkan.
4.    Perubahan sikap dan prilaku
Adanya kompensasi yang layak dan adil bagi karyawan hendanya dapat memperbaiki sikap dan perilaku yang tidak menguntungkkan serta memengaruhi produtivitas kerja. Perubahan-perubahan sikap dan perilaku ini tercermin dari rasa tanggung jawab, pengalaman kesetiaan pada perusahaan, serta motivasi dan prestasi yang meningkat dalam bekerja.
5.    Efisiensi biaya
Program kompensasi yang rasional membantu organisasi untuk mendapatkan dan mempertahankan sumber daya manusia pada tingkat biaya yang layak. Dengan upah yang kompetitif, organisasi dapat memperoleh keseimbangan dari etos kerja karyawan yang meningkat.
6.    Administrasi legalitas
Dalam admistrasi kompensasi juga terdapat batasan legalitas karena diatur oleh pemerintah dalam sebuah undang-undang. Tujuannya agar organisasi tidak sewenang-wenang memperlakukan karyawan sebagi aset perusahaan.

2.3  Asas Kompensasi
Perusahaan harus menetapkan program-program kompensasi yang didasarkan atas asas keadilan serta asas kelayakan dan kewajaran, dengan memperhatikan undang-undang pemburuhan yang berlaku. Perusahaan harus memperhatikan keseimbangan antara kondisi-kondisi internal dan eksternal, guna menjamin perasaan puas bagi karyawan, agar karyawan tetap termotivasi untuk bekerja dengan baik bagi perusahaan.
Berikut ini akan diuraikan asas-asas yang penting untuk diterapkan dalam pemberian kompensasi.
1.    Asas Keadilan
Kompensasi mempengaruhi perilaku karyawan dalam organisasi sehingga pemberian kompensasi yang tidak berdasarkan asas keadilan akan mempengaruhi kondisi kerja karyawan. Yang dimaksud dengan asas keadilan ialah adanya konsistensi imbalan bagi para karyawan yang melakukan tugas dengan bobot yang sama.



2.    Asas Kelayakan dan Kewajaran
Kompensasi yang diterima karyawan harus dapat memenuhi kebutuhan dirinya beserta keluarganya, pada tingkatan yang layak dan wajar. Sehingga besaran kompensasi yang akan diberikan akan mencerminkan status, pengakuan, dan tingkat pemenuhan kebutuhan yang akan dinikmati oleh karyawan beserta keluarganya.

2.4  Perhitungan Besarnya Upah dan Gaji
Kompensasi adalah keseluruhan balas jasa yang diterima oleh karyawan sebagai balas jasa dari pelaksanaan pekerjaan di organisasi dalam bentuk uang atau lainnya, yang dapat berupa gaji, upah, bonus, insentif, dan tunjangan, seperti tunjangan kesehatan, tunjangan hari raya, uang, makan, cuti, dan lain-lain.
Kompensasi langsung dapat didasarkan pada jabatan atau kedudukan. Seperti manajer, penyelia, sekretaris atau tenaga penjualan yang di bayar berdasarkan waktu, seperti upah harian, mingguan, atau bulanan. Inilah yang disebut upah gaji atau gaji. Di luar gaji, karyawan mendapatkan tambahan penghasilan melalui produk yang dihasilkan atau atas unjuk kerja, seperti komisi, insentif dan bonus. Gaji adalah balas jasa dalam bentuk uang yang diterima karyawan sebagai konsekuensi dari kedudukannya sebagai seorang karyawan. Adapun upah adalah kata lain dari gaji yang sering kali ditunjukkan pada karyawan tertentu, biasanya pada karyawan bagian operasional.
Gaji dan upah merupakan salah satu alasan bagi karyawan untuk bekerja dan merupakan salah satu alasan yang paling penting bagiamana seorang karyawan dapat berprestasi, berafiliasi dengan orang lain, mengembangkan diri dan aktualisasi diri. Gaji dan upah merupakan salah satu faktor pemicu masalah yang terjadi antara manajemen dan karyawan, terutama apabila tidak dapat mengakomodasi kepentingan keduanya dengan adil. Oleh karena itu, perencanaan atau penentuan gaji menjadi isu yang penting dalam manajemen sumber daya manusia dan harus ditentukan dengan hati-hati serta melalui langkah-langkah yang terencana.
            Gaji menjadi alasan yang paling penting mengapa orang bekerja diantara  alasan lain, seperti untuk berperstasi, berafiliasi dengan orang lain, mengembangkan diri, atau untuk mengaktualisasikan diri. Paling tidak hampir 90% pertentangan antara pekerja dan majikan disebabkan oleh masalah gaji, bukan yang lain. Ini menjadi bukti bahwa gaji merupakan aspek yang penting. Dari sudut pandang organisasi, memberikan gaji menjadi salah satu faktor penting dalam meningkatkan kepuasan kerja, memotivasi pegawai, merangsang pegawai baru yang berkualitas untuk memasuki organisasi, mempertahankan pegawai yang ada, dan meningkatkan produktivitas. Oleh karena itu, perencanaan atau penentuan gaji menjadi isu yang penting dalam manajemen sumber daya manusia dan harus ditentukan secara hati-hati dan melalui langkah-langkah tertentu.
2.1    Keadilan dan Kelayakan dalam Pemberian Kompensasi
Perusahaan harus memperhatikan prinsip keadilan dalam penetapan kebijaksanaan kompensasinya. Bila seorang karyawan menerima kompensasi dari perusahaan, presepsi keadilan dipengaruhi oleh dua faktor :
1.        Ratio kompensasi dengan masukan-masukan (inputs) sesorang yang berupa tenaga, pendidikan, pengalaman, latihan, daya tahan, dan sebagainya.
2.        Perbandingan ratio tersebut dengan ratio-ratio yang diterima orang-orang lain dengan siapa kontak langsung selalu terjadi.
Keadilan biasanya ada bila seorang karyawan memandang ratio penghasilannya terhadap masukan-masukan adalah seimbang (ekuilibrium) baik secara internal maupun dalam hubungan dengan karyawan-karyawan lain.
Keadilan atau konsisten internal berarti bahwa besarnya kompensasi harus dikaitkan dengan nilai relatif pekerjaan-pekerjaan. Dengan kata lain, pekerjaan-pekerjaan sejenis memperoleh pembayaran yang sama. Sedangkan keadilan atau konsistensi eksternal menyangkut pembayaran kepada para karyawan pada tingkat yang layak atau sama dengan pembayaran yang diterima para karyawan yang serupa di perusahaan perusahaan lain ketidakpuasan sebagian besar karyawan terhadap besarnya kompensasi sering diakibatkan adanya perasaan tidak diperlakukan dengan adil dan layak dalam pembayaran mereka.   
Pada umumnya karyawan akan menerima perbedaan perbedaan kompensasi yang berdasarkan pada perbedaan tanggung jawab kemampuan  pengetahuan produktivitas atau kegiatan kegiatan mana jerial. Perbedaan pembayaran atas dasar ras kelompok etnis atau jenis kelamin dilarang oleh hukum dan kebijaksanaan umum.
Keadilan, kelayakan dan besarnya kompensasi yang berlaku pada suatu perusahaan akan banyak menarik minat para calon tenaga kerja yang potensial  untuk bergabung atau bekerja pada perusahaan yang bersangkutan. Berbeda dengan perusahaan yang memberikan kompensasi yang kecil dan tidak layak tentunya akan sepi peminat dari calon-calon tenaga kerja yang potensial.
Kompensasi yang tinggi dan layak juga dapat mempertahankan karyawan yang ada. Jika karyawan merasa kompensasi yang diberikan perusahaan kepadanya cukup memadai untuk menghidupi diri dan keluarganya, maka ia akan tetap bekerja di perusahaan tersebut. 
Tetapi manakala kompensasi yang mereka terima dari perusahaannya tidak memadai guna menghidupi diri dan keluarganya, maka mereka akan berpikir untuk keluar ke perusahaan lain yang sistem kompensasinya lebih baik dari perusahaan asal ia bekerja. Kalaupun mereka tetap bekerja pada perusahaan tersebut, maka mereka akan bekerja seadanya dan tidak bergairah dalam bekerja sehingga produktifitas kerjanyapun rendah.

2.2    Faktor-faktor yang mempengaruhi Kompensasi
Pemberian kompensasi oleh perusahaan kepada karyawannya, dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Faktor-faktor ini merupakan tantangan bagi setiap perusahaan untuk menentukan kebijakan pemberian kompensasi bagi para karyawannya. Faktor-faktor tersebut antara lain sebagai berikut:
1.    Produktifitas
Setiap perusahaan pasti menginginkan kinerja keuntungan yang optimal. Keuntungan ini dapat berupa keuntungan material maupun keuntungan non material.
2.    Kemampuan untuk Membayar
Pemberian kompensasi tergantung kepada kemampuan perusahaan dalam membayar. Perusahaan tidak akan mungkin membayar kompensasi karyawannya melebihi kemampuan perusahaan tersebut dalam memberikan kompensasi. Sebab jika perusahaan memberikan kompensasi di atas kemampuan perusahaan, maka perusahaan itu akan terancam bangkrut.
3.    Kesediaan untuk Membayar
Kesediaan untuk membayar akan berpengaruh terhadap kebijakan pemberian kompensasi bagi karyawan. Banyak perusahaan yang mampu memberikan kompensasi yang tinggi, tetapi tidak semua perusahaan bersedia memberikan kompensasi yang tinggi.
4.    Suplai dan Permintaan Tenaga Kerja
Banyak sedikitnya tenaga kerja di pasar kerja akan mempengaruhi sistem pemberian kompensasi. Bagi karyawan yang tidak memiliki kemampuan dan keterampilan di atas rata-rata tenaga kerja pada umumnya, akan diberikan kompensasi lebih rendah daripada karyawan yang kemampuan dan keterampilannya lebih tinggi.
5.    Serikat Pekerja
Serikat pekerja, serikat karyawan, atau serikat buruh, akan mempengaruhi kebijakan pemberian kompensasi. Serikat pekerja biasanya memperjuangkan anggotanya untuk memperoleh kompensasi yang adil, layak, serta wajar. Apabila ada perusahaan yang dianggap tidak memberikan kompensasi yang sesuai, maka serikat pekerja akan menuntut perusahaan tersebut.
6.    Undang-undang dan Peraturan yang Berlaku.
Undang-undang dan peraturan mengenai ketenagakerjaan saat ini mendapatkan sorotan tajam, karena kebijakan tersebut bersentuhan langsung dengan karyawan sebagai salah satu bagian terpenting dalam perusahaan, yang membutuhkan perlindungan. Undang-undang dan peraturan jelas akan mempengaruhi sistem pemberian kompensasi bagi perusahaan.
2.1    Tantangan yang Dihadapi Dalam Menetapkan Kompensasi
Meskipun telah dilakukan evaluasi jabatan dengan sangat hati-hati untuk membjuat rangking atau klasifikasi jabatan untuk menentukan gaji yang layak sesuai dengan kelasnya, sering kali hal itu tidak dapat dilakukan sebab diluar hal tersebut (internal equity and external equity) masih ada sejumlah faktor atau kekuatan yang memengaruhi tingkat gaji yang kadang berada di luar kendali organisasi. Faktor-faktor ini sekaligus menjadi tantangan dalam merencanakan dan menentukan gaji. Adapun faktor-faktor itu adalah :
1.    Tingkat gaji yang lazim
2.    Serikat buruh
3.    Pemerintah
4.    Kebijakan dan strategi penggajian
5.    Faktor Internasional
6.    Nilai yang sebanding dan pembayaran yang lama
7.    Biaya dan Produktivitas
2.1    Evaluasi Jabatan
Evaluasi jabatan adalah proses sistematis untuk menentukan nilai relatif dari suatu pekerjaan dibandingkan dengan pekerjaan lain. Proses ini adalah untuk mengusahakan tercapainya internal equity dalam pekerjaan sebagaimana unsur yang sangat penting dalam penentuan tingkat gaji.
            Penilaian pekerjaan secara umum dilakukan dengan mempertimbangkan isi pekerjaan atau faktor-faktor, seperti tanggung jawab, keterampilan atau kemampuan, tingkat usaha yang dilakukan dalam pekerjaan, dan lingkungan kerja. Penilaian umumnya dilakukan oleh ahli atau panitia yang sengaja dibentuk oleh organisasi untuk melakukan evaluasi. Anggota panitia tersebut hendaknya orang-orang yang akrab dengan jabatan yang dibicarakan, di mana masing-masing mungkin memiliki prespektif yang berbeda tentang sifat pekerjaan dan sebaiknya juga mengikutsertakan karyawan.
2.1    Pengupahan Insentif
Faktor yang Mempengaruhi Besarnya Kompensasi dan Teori Upah Insentif
1.      faktor-faktor yang mempengaruhi besarnnya kompensasi
            Faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya kompensasi, antara lain sebagai berikut.
a.       Penawaran dan permintaan tenaga kerja.
b.      Kemampuan dan kesediaan perusahaan
c.       Serikat buruh/organisasi karyawan
d.      Produktivitas kerja karyawan
e.       Pemerintah dengan undang-undang dan keppresnya
f.       Biaya hidup/cost of living
g.      Posisi jabatan karyawan
h.      Pendidikan dan pengalaman karyawan.
i.        Kondisi perekonomian nasional.
j.        Jenis dan sifat pekerja

a.       Penawaran dan permintaan tenaga kerja.
Jika pencari kerja (penawaran) lebih banyak daripada lowongan pekerja (permintaan) maka kompensasi relative kecil. Sebaliknya jika pencari kerja lebih sedikit daripada lowongan pekerja, maka kompensasi relative semakin besar

b.      Kemampuan dan kesediaan perusahaan
Apabila kemampuan dan kesediaan perusahaan untuk membayar semakin baik maka tingkat kompensasi akan semakin besar. Tetapi sebaliknya, jika kemampuan dan kesediaan perusahaan untuk membayar kurang maka tingkat kompensasi relative kecil.

c.       Serikat buruh/Organisasi karyawan
Apabila serikat buruh kuat dan berpengaruh maka tingkat kompensasi semakin besar. Sebaliknya jika serikat buruh tidak kuat dan kurang berpengaruhi maka tingkat kompensasi relatif kecil

d.      Produktivitas kerja karyawan
Jika produktivitas kerja karyawan baik dan banyak maka kompensasi akan semakin besar. Sebaliknya kalau produktivitas kerja buruk serta sedikit maka kompensasinya kecil.


e.       Pemerintah dengan undang-undang dan keppresnya
Pemerintah dengan undang-undang dan keppres menetapkan besarnya batas upah/balas jasa minimum. Peraturan pemerintah ini sangat penting supaya pengusaha tidak sewenang-wenang menetapkan besarnya balas jasa bagi karyawan pemerintah berkewajiban melindungi masayarakat dari tindakan sewenang-wenang.

f.       Biaya hidup/cost of living
Apabila biaya hidup didaerah itu tinggi maka tingkat kompensasi/upah semakin besar. Sebaliknya, jika tingkat biaya hidup daerah itu rendah maka tingkat kompensasi/upah relative kecil. Seperti tingkat upah dijakarta lebih besar dari di bandung, karena tingkat biaya hidup di Jakarta lebih besar daripada bandung.

g.      Posisi jabatan karyawan
Karyawan yang menduduki jabatan lebih tinggi akan menerima gaji/kompensasi lebih besar. Sebaliknya karyawan yang menduduki jabatan yang lebih rendah akan memperoleh gaji/kompensasi yang kecil. Hal ini wajar karena seseorang yang mendapat kewenangan dan tanggung jawab yang besar harus mendapatkan gaji atau kompensasi yang lebih besar pula 

h.      Pendidikan dan pengalaman kerja
Jika pendidikan lebih tinggi dan pengalaman kerja lebih lama maka gaji/balas jasanya akan semakin besar, karena kecakapan serta keterampilan lebih baik. Sebaliknya, karyawan yang berpendidikan rendah dan pengalaman kerja yang kurang maka tingkat gaji/kompensasinya kecil.

i.        Kondisi perekonomian nasional
Apabila kondisi perekonomian nasional sedang maju (boom) maka tingkat upah/kompensasi akan semakin besar, karena akan mendekati kondisi full employment. Sebaliknya, jika kondisi perekonomian kurang maju (depresi) maka tingkat upah rendah, Karena terdapat banyak penganggur (disqueshed unemployment).

j.        Jenis dan sifat pekerjaan
Kalau jenis dan sifat pekerjaan yang sulit dan mempunyai risiko (financial, keselammatan) yang besar maka tingkat upah/balas jasanya semakin besar kerena membutuhkan percakapan serta ketelitian untuk mengerjakannya. Tetapi jika jenis dan sifat pekerjaannya mudah dan risiko (financial, kecelakannya) kecil, tingkat upah/balas jasanya relative rendah.
Misalnya, pekerjaan merakit computer balas jasanya lebih besar daripada menegerjakan mencetak batu bara.


BAB III
PENUTUP

3.1  Kesimpulan
Kompensasi bisa dirancang secara benar untuk mencapai keberhasilan bersama sehingga karyawan merasa puas dengan jerih payah mereka dan termotivasi untuk mencapai tujuan dan sasaran bersama manajeman. Tingkat kompensasi akan menentukan skala kehidupan ekonomi karyawan, sedangkan kompensasi relatif menunjukkan status dan harga karyawan. Dengan demikian, apabila karyawan memandang bahwa bila kompensasi tidak memamadai maka produktivitas, prestasi kerja, dan kepuasan kerja karyawan akan turun.
Faktor-faktor ini merupakan tantangan bagi setiap perusahaan untuk menentukan kebijakan pemberian kompensasi bagi para karyawannya.
Faktor-faktor tersebut antara lain sebagai berikut:
1.    Produktifitas
2.    Kemampuan untuk Membayar
3.    Kesediaan untuk Membayar
4.    Suplai dan Permintaan Tenaga Kerja
5.    Serikat Pekerja
6.    Undang-undang dan Peraturan yang Berlaku.
Menurut Martoyo (1994), fungsi kompensasi adalah  :
1.      Penggunaan SDM secara lebih efisien dan lebih efektif
2.      Mendorong stabilitas dan pertumbuhan ekonomi
Sebagai bagian dari manajemen SDM, pemberian kompensasi bertujuan untuk :
1.      Mendapatan karayawan yang berkualitas
2.      Mempertahankan karyawan yang ada
3.      Adanya keadilan
4.      Perubahan sikap dan prilaku
5.      Efisiensi biaya
6.      Administrasi legalitas
Asas Kompensasi dibagi menjadi 2, yaitu:
1.      Asas Keadilan
2.      Asas Kelayakan dan Kewajaran
Keadilan kompensasi dapat dibedakan menjadi 3 macam, yaitu :
1.    Keadilan Individual
2.    Keadilan Internal
3.    Keadilan Eksternal
Dari pengertian diatas terlihat bahwa kompensasi merupakan alat pengikat perusahaan terhadap karyawannya, faktor penarik bagi calon karyawan dan faktor pendorong seseorang menjadi karyawan. Perusahaan harus memperhatikan keseimbangan antara kondisi-kondisi internal dan eksternal, guna menjamin perasaan puas bagi karyawan, agar karyawan tetap termotivasi untuk bekerja dengan baik bagi perusahaan.

Evaluasi jabatan bertujuan untuk menciptakan konsistensi (keadilan) internal dan konsistensi eksternal dalam pemberian kompensasi atau balas jasa.Sasaran utamanya dalah kepuasan pekerja dan atasan terhadap imbalan yang dibayarkan.
Dalam melakukan penilaian pekerjaan, terdapat beberapa metode yang dilakukan dalam praktik, yaitu :
1.      Metode Pemeringkatan (Job Rangking)
2.      Metode Pengelompokan (Job Grading)
3.      Metode Perbandingan Faktor
4.      Metode Penentuan Poin

DAFTAR PUSTAKA

Hasibuan, Malayu S.P. 1989. Manajemen Dasar Pengertian dan Masalah.
Jakarta: CV. Haji Masagung
Ike Kusdyah Rachmawati. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia.
            Yogyakarta: C.V ANDI
Suwatno, Donni Juni Priansa. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia.
            Bandung: ALVABETA, cv



Tidak ada komentar:

Posting Komentar