Sabtu, 26 Desember 2015

Analisis Matriks BCG

Matriks BCG dalam empat kategori: question marks (tanda tanya), stars (bintang), cash cows (sapi perah kas), dan dogs (anjing).
1. Question marks
Question marks adalah produk di pasar berkembang, tetapi memiliki pangsa pasar rendah. Question marks pada dasarnya adalah produk-produk baru, di mana pembeli belum menemukan produk-produk baru tersebut. Strategi pemasaran adalah untuk membuat pasar menggunakan produk ini. Question marks memiliki tingkat permintaan yang tinggi (high demands) dan tingkat pengembalian yang rendah (low returns) karena pangsa pasar yang rendah (low market share). Produk-produk ini perlu meningkatkan pangsa pasar dengan cepat atau produk-produk ini akan menjadi dogs.
2. Stars
Stars adalah produk yang memiliki pangsa pasar tinggi di pasar berkembang.  Stars adalah pemimpin dalam unit bisnis namun masih perlu banyak dukungan untuk promosi dan penempatan. Apabila pangsa pasar dijaga, stars cenderung tumbuh menjadi cash cows.
3. Cash Cows
Cash cows adalah produk yang berada pada posisi pangsa pasar tinggi di pasar yang dewasa (mature market). Apabila keunggulan kompetitif telah dicapai, cash cows memiliki margin keuntungan yang tinggi dan menghasilkan banyak aliran kas. Karena pertumbuhan rendah (low growth), promosi dan penempatan investasi juga rendah. Investasi ke infrastruktur pendukung dapat meningkatkan efisiensi dan meningkatkan aliran kas lebih. Cash cows adalah produk-produk yang diperjuangkan oleh perusahaan.
4. Dogs
Dogs adalah produk yang berada pada posisi pangsa pasar rendah di pasar yang pertumbuhannya rendah. Kondisi semacam ini harus dihindari dan diminimisasi.

Penerapan BCG pada PT Wings Surya



Jika kita menilik pada model two-by-two-growth-share matrix yang dikembangkan Boston Consulting Group (BCG), maka bisnis yang menjadi tulang punggung dan cash cow nya adalah bisnis fast moving consumer goods. Industri ini perputaran uangnya sangat cepat dan kalis krisis, sehingga pasarnya selalu terjamin. Sedangkan bisnis yang sedang naik daun atau menjadi star adalah bisnis makanan, yakni Mie Sedaap, yang dalam waktu kurang dari setahun dari peluncuran perdana bulan April 2003 telah merebut pangsa pasar Indofood sebesar 12%. Dari total pasar mie instan Rp8 triliun/tahun maka Wings telah mengantongi Rp.864 miliar, angka yang sangat fantastis untuk sebuah produk baru. Sedangkan bisnis yang tergolong dalam question mark adalah industri hulu yang berupa perkebunan kelapa sawit yang menghasilkan crude palm oil yang diekspor ke berbagai negara. Pada posisi dog yaitu bisnis di bidang bahan bangunan dan real 

2 komentar: