Matriks
BCG dalam empat kategori: question marks (tanda tanya), stars (bintang), cash
cows (sapi perah kas), dan dogs (anjing).
1.
Question marks
Question
marks adalah produk di pasar berkembang, tetapi memiliki pangsa pasar rendah. Question marks pada
dasarnya adalah produk-produk baru, di mana pembeli belum menemukan
produk-produk baru tersebut. Strategi
pemasaran adalah untuk membuat pasar menggunakan produk ini. Question marks memiliki
tingkat permintaan yang tinggi (high demands) dan tingkat pengembalian yang
rendah (low returns) karena pangsa pasar yang rendah (low market share). Produk-produk ini perlu
meningkatkan pangsa pasar dengan cepat atau produk-produk ini akan menjadi
dogs.
2.
Stars
Stars
adalah produk yang memiliki pangsa pasar tinggi di pasar berkembang. Stars
adalah pemimpin dalam
unit bisnis namun masih perlu banyak dukungan untuk promosi dan penempatan. Apabila pangsa pasar
dijaga, stars cenderung tumbuh menjadi cash cows.
3.
Cash Cows
Cash
cows adalah produk yang berada pada posisi pangsa pasar tinggi di pasar yang
dewasa (mature market). Apabila
keunggulan kompetitif telah dicapai, cash cows memiliki margin keuntungan yang
tinggi dan menghasilkan banyak aliran kas. Karena pertumbuhan
rendah (low growth), promosi dan penempatan investasi juga rendah. Investasi ke
infrastruktur pendukung dapat meningkatkan efisiensi dan meningkatkan aliran
kas lebih. Cash
cows adalah produk-produk yang diperjuangkan oleh perusahaan.
4.
Dogs
Dogs
adalah produk yang berada pada posisi pangsa pasar rendah di pasar yang
pertumbuhannya rendah. Kondisi
semacam ini harus dihindari dan diminimisasi.
Penerapan
BCG pada PT Wings Surya
Jika kita menilik pada model two-by-two-growth-share matrix yang dikembangkan Boston Consulting Group (BCG), maka bisnis yang menjadi tulang punggung dan cash cow nya adalah bisnis fast moving consumer goods. Industri ini perputaran uangnya sangat cepat dan kalis krisis, sehingga pasarnya selalu terjamin. Sedangkan bisnis yang sedang naik daun atau menjadi star adalah bisnis makanan, yakni Mie Sedaap, yang dalam waktu kurang dari setahun dari peluncuran perdana bulan April 2003 telah merebut pangsa pasar Indofood sebesar 12%. Dari total pasar mie instan Rp8 triliun/tahun maka Wings telah mengantongi Rp.864 miliar, angka yang sangat fantastis untuk sebuah produk baru. Sedangkan bisnis yang tergolong dalam question mark adalah industri hulu yang berupa perkebunan kelapa sawit yang menghasilkan crude palm oil yang diekspor ke berbagai negara. Pada posisi dog yaitu bisnis di bidang bahan bangunan dan real
jasa liputan pemakaman
BalasHapuslowongan caregiver jepang
info magang jepang
instalasi cctv jaktim
pertanian dijepang
jlpt beasiswa kerja di jepang
gedung pernikahan murah jakarta
BalasHapusharga sewa gedung pernikahan jakarta