Minggu, 27 September 2015

Sekedar berbagi tugas Pemasaran~

pBeberapa soal pemasaran dan jawabannya!

1.      Jelaskan tujuan dari pemasaran!
- Sebagai proses penyebaran informasi terhadap target pasar
- Untuk meningkatkan penjualan sehingga otomatis keutungan meningkat
- Dengan promosi dapat menambah pelanggan baru dan menjaga hubungan baik terhadap konsumen
- Kestabilan penjualan produk tetap terjaga meskipun situasi pasar kurang mendukung
- Promosi yang dilakukan secara berkala akan membuat produk yang kita hasilkan menjadi beda dari produk lain dan tetap unggul dibanding pesaing
- Citra produk yang dihasilkan tetap terasa dimata konsumen
- Promosi yang dilakukan dapat mempelajari keinginan konsumen lebih spesifik sebagai bahan pertimbangan untuk produk kedepannya
2.      Siapa yang menjadi konsumen untuk barang atau jasa yang dihasilkan dari suatu kegiatan bisnis?
Pelanggan, karena pelanggan adalah seseorang yang membina hubungan baik dengan orang lain khususnya produsen dalam bidang usaha. Dalam pandangan lain mengemukakan adanya dua jenis pelanggan yaitu:
(1) Pelanggan eksternal yaitu yang dapat didefinisikan sebagai seseorang yang menggunakan layanan produk dan mempengaruhi skala produk atau layanan tersebut
(2) Pelanggan internal adalah setiap orang yang terlibat dalam proses pemberian produk dan layanan.
Ingat, jika tidak ada pelanggan maka tidak akan ada usaha!
3.      Jelaskan tujuan dari segmentasi konsumen dalam kaitannnya dengan pemasaran produk!
Segmentasi pasar diperlukan karena sumber daya yang kita miliki terbatas, dimana kita tidak bisa melayani semua lapisan masyarakat. Tujuan dari segmentasi konsumen antara lain :
-       Tenaga, Uang, Material dan waktu bisa dikelola secara efektif
-       Mengembangkan produk yang benar-benar cocok dengan selera konsumen
-       Merencanakan produk yang dpat memenuhi permintaan pasar
-       Memilih metode promosi yang paling tepat
-       Menentukan cara-cara promosi yang paling lebih tepat bagi perusahaan

4.      Jelaskan tentang bauran pemasaran secara lengkap!
Bauran pemasaran adalah unsur atau elemen internal penting yang membentuk program pemasaran sebuah organisasi. Bauran pemasaran merupakan salah satu konsep universal yang telah dikembangkan dalam pemasaran. (Ad. Payne, 1995:31)
Bauran pemasaran terdiri dari:
  1. Produk. Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan oleh individu, rumah tangga, maupun organisasi ke dalam pasar untuk diperhatikan, digunakan, dibeli, maupun dimiliki.
  2. Harga. Harga adalah sejumlah nilai yang dipertukarkan untuk memperoleh suatu produk.
  3. Tempat. Tempat adalah menyediakan produk kepada konsumen pada tempat yang tepat, kualitas yang tepat, dan jumlah yang tepat.
  4. Promosi. Promosi adalah kegiatan-kegiatan untuk mengkomunikasikan kelebihan-kelebihan produk dan membujuk konsumen untuk membelinya.
Dari uraian di atas dapat dilihat pada bagan di bawah ini:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar