Definisi Wirausaha
Wirausaha
adalah seorang yang berani berusaha secara mandiri dengan mengerahkan segala
sumber daya dan upaya meliputi kepandaian mengenali produk baru, menentukan
cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru,
memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya untuk menghasilkan sesuatu
yang bernilai lebih tinggi.
Tipe Wirausaha
Tipe Wirausaha
1.
Wirausaha yang memiliki inisiatif
2.
Wirausaha yang menggorganisir mekanis
sosial dan ekonomi untuk menghasilkan sesuatu.
3.
Yang menerima resiko dan kegagalan
Berbagai
macam profil wirausaha
1. Women
Entrepreneur : Alasan menekuni dunia bisnis di
dorong oleh faktor-faktor antara lain : memperlihatkan kemampuan prestasinya, membantu
ekonomi rumah tangga, frustasi terhadap pekerjaan.
2. Minority
Entrepreneur : Kaum minoritas terutama di negara
kita kurang memiliki kesempatan kerja di lapangan pemerintahan sebagai mana
layaknya warga negara pada umumnya
3. Immigrant
Entrepreneurs : Kaum pendatang yang memasuki suatu
daerah biasanya sulit untuk memperoleh pekerjaan formal
4. Part
Time Entrepreneurs : Memulai bisnis dalam mengisi waktu
lowong atau Part Time merupakan pintu gerbang untuk berkembang menjadi usaha
besar
5. Home
Based Entepreneurs : Misalnya ibu-ibu yang pandai
membuat kue dan aneka masakan mengirim ke toko eceran di sekitar tempatnya.
6. Family
Owned Business : Sebuah keluarga dapat membuka
berbagai jenis dan cabang usaha mungkin saja usaha keluarga ini di mulai lebih
dulu oleh Bapak setelah usaha bapak maju dibuka cabang baru dan dikelola oleh
ibu.
7. Copreneurs : Copreneurs dibuat dengan cara menciptakan
pembagian pekerjaan yang didasarkan atas keahlian masing-masing
Model Kewirausahaan
1. Innovation
(Inovasi)
Faktor
personal yang mendorng inovasi adalah:
-keinginan berprestasi
-adanya sifat penasaran
-keinginan menanggung resiko
-faktor pendidikan dan faktor pengalaman
Faktor lingkungan yang medorong inovasi adalah :
- adanya peluang
-pengalaman
-kreativitas
-keinginan berprestasi
-adanya sifat penasaran
-keinginan menanggung resiko
-faktor pendidikan dan faktor pengalaman
Faktor lingkungan yang medorong inovasi adalah :
- adanya peluang
-pengalaman
-kreativitas
2. Triggering
Event (pemicu)
Beberapa faktor personal adalah :
-adanya ketidakpuasan terhadap pekerjaan yang sekarang
-adanya pemutusan hubungan kerja (PHK)
-tidak ada pekerjaan lain, dll
Faktor faktor lingkungan yang mendorong menjadi pemicu bisnis adalah :
-sumber-suber yang bis adi manfaatkan, misalnya tabungan, modal, warisan, memiliki bangunan yang strategis
-mengikuti latihan-latihan bisnis, kursus bisni. dst
Beberapa faktor personal adalah :
-adanya ketidakpuasan terhadap pekerjaan yang sekarang
-adanya pemutusan hubungan kerja (PHK)
-tidak ada pekerjaan lain, dll
Faktor faktor lingkungan yang mendorong menjadi pemicu bisnis adalah :
-sumber-suber yang bis adi manfaatkan, misalnya tabungan, modal, warisan, memiliki bangunan yang strategis
-mengikuti latihan-latihan bisnis, kursus bisni. dst
3. Implementasi
(pelaksanaan)
beberapa faktor personal yang mendorong pelaksanaan dari sebuah binis adalah sebagai berikut :
- siap mental secara total
-adanya manaer pelaksana sebagai tangan kanan, pembantu utama.
- adanya komitmen yang tinggi terhadap bisnis
-adanya visi, pandangan yang jauh ke depan guna mencapai keberhasilan.
beberapa faktor personal yang mendorong pelaksanaan dari sebuah binis adalah sebagai berikut :
- siap mental secara total
-adanya manaer pelaksana sebagai tangan kanan, pembantu utama.
- adanya komitmen yang tinggi terhadap bisnis
-adanya visi, pandangan yang jauh ke depan guna mencapai keberhasilan.
4. Growth ( Proses Pertumbuhan )
-adanya tim yang kompak dalam menjalankan usaha sehingga semua rencana dan pelaksanaan operasional berjalan produktif.
-adanya strategi yang mantap sebagai produk dari tim yang kompak.
-adanya roduk yang di banggakan, atau keitimewaan yang dimiliki misalnya kualitas makanan, lokasi usaha, manajemen, personalia dsb.
-adanya tim yang kompak dalam menjalankan usaha sehingga semua rencana dan pelaksanaan operasional berjalan produktif.
-adanya strategi yang mantap sebagai produk dari tim yang kompak.
-adanya roduk yang di banggakan, atau keitimewaan yang dimiliki misalnya kualitas makanan, lokasi usaha, manajemen, personalia dsb.
Daftar Pustaka
http://tugas-kuliah-tugas.blogspot.co.id/2011/10/tipe-wirausaha.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar